SHOPPING CART

You have no items in your shopping cart.

Ingin Awet? Beri Sepatu Kulit Perhatian Ekstra

Sepatu berbahan kulit selalu menjadi favorit sebagian besar pria. Terutama mereka yang sering menghadiri acara formil maupun senang tampil dengan penuh gaya.

Untuk menjaganya tetap awet, Anda harus memberi perhatian ekstra. Jika tidak mendapat perlakuan yang sesuai, tentu masa pakai sepatu pria kulit ini bisa berkurang lebih cepat. Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan, contohnya:

1. Pantang Air dan Lembab

Usahakan agar sepatu kulit Anda tidak terkena air atau terpapar udara lembab. Karena udara lembab dapat menimbulkan jamur dan lapuk sehingga tidak bagus lagiuntuk dipakai.

Bila terpaksa terkena air, sebaiknya semprotkan spray-on waterproofing yang berguna untuk melapisi sepatu kulit pria dari air. Alat ini bisa diperoleh di toko sepatu kulit pada umumnya. Apabila terlanjut basah, maka pastikan ia kering di ruangan terbuka yang sejuk (tidak terkena sinar matahari langsung). Ingat, jangan meletakkannya di dekat pemanas, oven, belakang kulkas, atau tempat panas lainnya karena dapat merubah warna dan tekstur sepatu kulit.

2. Rutin Dibersihkan

Pertama, bersihkan kotoran kering yang menempel menggunakan sikat sepatu berbulu lembut. Untuk sepatu berbahan dasar suede, gunakan sikat atau alat pembersih khusus. Untuk sepatu kulit halus seperti yang terbuat dari kulit sapi atau domba muda cukup menggunakan kain lap yang serat-seratnya lembut.

Setelah kotoran kering dibersihkan, basuhlah sepatu dengan kain atau handuk lembut. Gunakan pula cairan pembersih khusus sepatu kulit. Dalam kondisi terdesak, bisa pula menggunakan tissue basah terutama yang khusus bayi. Seratnya lembut dan mengandung pelembab sehingga dapat menjadi pengganti kondisioner untuk sepatu kulit.

3. Berikan Conditioner

Setelah sepatu benar-benar kering setelah dibersihkan, lanjutkan perawatan dengan tahap berikutnya. Berikan kondisioner khusus sepatu kulit dengan menggunakan kain lap atau sikat khusus. Gosokkan conditioner dengan gerakan melingkar lalu diamkan sepatu selama ± 30 menit.

Kondisioner sepatu biasanya tidak berwarna sehingga tidak akan merubah warna kulit. Ini berfungsi untuk menutrisi, melembutkan, menguatkan dan menjaga kelenturan sepatu kulit.

4. Semir

Langkah penutup adalah dengan menyemir agar warnanya lebih pekat dan mengkilap. Carilah semir sepatu dengan warna yang paling mirip dengan sepatu Anda.

Semir dengan cara satu arah agar warna yang dihasilkan terlihat lebih alami. Selamat mencoba ya…

Butuh kelengkapan untuk memelihara sepatu kulit Anda? Ada Hush Puppies Shoe Shine Sponge, dan Hush Puppies Shoecare Latex Full Insole nih... Dicoba yuk…

Leave a Reply